My Motivation

Mendekatlah pada sesuatu cahaya yang menyinari semua..
Dan biarkanlah dia menjadi guru bagi kamu..

Senin, 06 Juli 2015

Geti, Legit Manisnya Khas Blitar

Pernahkah anda ke Kota Blitar? nah mblitar ini merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak di selatannya Kota Kediri.
Blitar merupakan Kota Patria, mblitar ini juga disebut sebagai Kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain. Tidak hanya memiliki struktur cagar budaya, bangunan cagar budaya, namun juga memiliki makanan khas.
Di Blitar ini juga terdapat makanan khas yang cukup unik lo, makanan khas mblitar ini yang cukup terkenal. Salah satunya, geti yang merupakan makanan ringan yang terbuat dari kacang, wijen, gula merah. Geti ini mempunyai rasa khas yang berbeda dengan produk daerah lain genti ii juga mempunyai gizi yang tinggi. Geti biasanya disuguhkan sebagai cemilan khas Blitar pada hari rayajuga pada hajatan pernikahan.

Nah, ini dia saya punya tips untuk membuat geti yang legit! hehe

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Wijen putih 70 gram, disangrai 
  • Wijen hitam 30 gram, disangrai
  • Gula pasir 40 gram atau sekitar 1 ½ sendok makan
  • Air 1 sendok makan atau sekitar 15 ml
  • Madu 1 sendok makan
  • Mentega ½ sendok makan
  • Sedikit garam (seujung kuku)
Cara membuat geti wijen:
  1. Pertama-tama, sangrai wijen putih dan hitam secara terpisah menggunakan api kecil hingga matang atau sekitar 1-2 menit. Saat menyangrai, wijen harus diaduk-aduk agar wijen matang merata dan tidak gosong terpanggang. 
  2. Setelah itu, ambil panci dengan ukuran kecil. Lalu masukkan atau campur bahan-bahan seperti gula, garam, madu, dan air menjadi satu di panci tersebut. Kemudian masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk agar gula larut dan tercampur rata. Masak air gula ini hingga mengental seperti sirup. Masukkan mentega, lalu aduk hingga mentega larut dan tercampur rata.
  3. Bila sudah mengental dan tercampur rata. Angkat panci dari atas kompor, kemudian masukkan wijen yang telah disangrai ke dalam gula kental tersebut. Lalu aduk-aduk menggunakan sendok dengan cepat hingga wijen tercampur merata dengan cairan gula kental.
  4. Kemudian ambil kertas baking dengan ukuran 20 x 20, kertas baking ini digunakan pada saat menggilas geti. Lipat kertas baking menjadi 2 bagian hingga membentuk garis tengah.
  5. Ratakan atau gilas geti wijen agar menjadi pipih dengan cara menaruh geti wijen di atas salah satu sisi bagian kertas baking, lalu ditutup dan digilas, dalam menggilas bisa menggunakan botol atau kayu yang cocok untuk menggilas.
  6. Buka kertas baking, lalu biarkan geti agar lebih dingin dan sedikit mengeras. Bila geti sudah agak mengeras, potong geti wijen dengan ukuran sesuai selera menggunakan pisau yang tajam.
  7. Masukkan ke dalam kulkas agar geti lebih cepat mengeras, bila geti wijen sudah mengeras, beri wadah atau kemasan yang kedap udara agar geti tidak ayem atau melempem. Geti wijen yang enak, legit, dan lezat sudah siap untuk disantap atau dihidangkan.
Sekian info yang cukup menarik ini, Yuk mampir ke Blitar. Salam Pariwisata !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar