My Motivation

Mendekatlah pada sesuatu cahaya yang menyinari semua..
Dan biarkanlah dia menjadi guru bagi kamu..

Jumat, 07 Agustus 2015

Hari jadi Blitar ke-691, Dirgahayu Kabupatenku...


Tahun ini, hari jadi mengambil tema ”Dengan Semangat Hari jadi Blitar ke-691 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 Tahun 2015, Kita Kokohkan Persatuan dan Jati Diri Bangsa Sebagai Modal Melanjutkan Pembangunan Menuju Masyarakat Yang Sejahtera, Religius dan Berkeadilan”.
Pemerintah Kabupaten Blitar bersama masyarakat bertekad untuk melanjutkan program pembangunan dan berbenah diri demi kesejahteraan masyarakat.



Diungkapkan Ketua Panitia Umum Pelaksanaan Hari Jadi ke-691, Luhur Sejati yang juga Kepala Disporbudpar Kabupaten Blitar, perayaan hari jadi ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana pada tanggal 3-7 Agustus 2015 karyawan/karyawati seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar dari Desa/Kelurahan serta lembaga pendidikan diwajibkan untuk memakai pakaian Jadul.
Hal lain yang juga membedakan dengan perayaan tahun lalu yakni pada prosesi Kirab Kitab Sejarah dan Lambang Daerah. Pada Rabu, 5 Agustus 2015 pukul 06.30 WIB, Kitab Sejarah dan Lambang Daerah dikirab dari Candi Palah Penataran menuju Aloon-Aloon Kota Blitar. Prosesi ini hanya dilaksanakan setiap empat tahun sekali.

Kemudian pukul 07.30 WIB, dilaksanakan Pisowanan Agung (Upacara Hari Jadi Blitar) dari alun-alun menuju Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro yang diikuti oleh Kepala Desa/Lurah, Camat, Perangkat Desa/Kelurahan, Ketua BPD/FMK, Ketua LPMK/LPPD, masyarakat dan unsur pendidikan yang dipimpin oleh Sekretaris Camat masing-masing dengan membawa Panji Desa/Kelurahan/Kecamatan. Mereka memakai busana Kejawen Cakrik/Model Surakarta (Solo), Mangkunegaran.
Sebelumnya dikatakan Luhur Sejati, mengawali Puncak Hari Jadi ke-691, Bupati Blitar H Herry Noegroho, SE beserta rombongan, Senin (3/8) melakukan ziarah leluhur ke Makam Aryo Blitar, Makam Syeh Subakir di Kecamatan Nglegok dan Makam Pangeranan di Jalan sultan Agung Kota Blitar. “Kegiatan Ziarah leluhur ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi dan juga sebagai penghormatan kepada para leluhur Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Berikut Rangkaian Acara Hari Jadi Blitar ke-691:
1. Malam Tirakatan 4 Agustus
2. Lomba Kebersihan dan Ketertiban Ibukota 1-28 Agustus
3. Gerak Jalan Pramuka Bakung-Lodoyo 21 Agustus
4. Pagelaran seni dan Pameran, di Penataran
5. Funbike sepeda kuno 69123 Agustus
6. Festival Penataran (pameran keris, akik) 27-29 Agustus
7. Grand Final Gus-Jeng dan Festival Batik 691 27 Agustus
8. Malam Bulan Purnama Penataran 28 Agustus
9. Wayang kulit 29 Agustus. (tri/rvl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar